Kamis, 20 Oktober 2016

Proses Kehamilan

Hasil gambar untuk proses kehamilan
Proses kehamilan diawali dengan terjadinya konsepsi yaiti ; suatu proses pertemuan sel telur dengan sperma . Dimana proses ini terjadi di ampula tuba uterus. Proses ini  hanya terjadi apabila sel telur sudah matang , kemudian  terjadi koitus , maka sperma yang mengandung kurang lebih 200 juta sel sperma di pancarkan ke bagian atas dinding pagina , terus berenang naik ke serviks dan melintasi uterus menuju tuba falopii, disinilah sel telur dibuahi.
Dalam keadaan normal , sel tubu mempunyai 46 kromosom, masing – masing sperma dan ovum membawa 23 kromosom yang terdiri dari 22 kromosom tubuh dan 1 kromoson  sex. Pada  ovum di beri simbol X , dan pada sperma dengan symbol Y. Dalam  proses konsepsi ini bersatu sehingga berbentuk zygote yang memiliki 46 buah kromosom.
Setelah ovum dibuahi di ampula tuba , karena getaran rambut mukosa tuba dan kontraksi dinding tuba menyebabkan telur masuk sampai rongga rahim. Peristiwa inilah yang disebut nidasi yaitu bersarangnya sel telur  yang telah dibuahi didalam endometrium.

Kejadian penting dalam minggu pertama terjadinya proses kehamilan secara singkat digambarkan sebagai berikut :
a.       Peristiwa fertilasi dan terbentuknya zygote terjadi selama kurang lebih 30 jam
b.      Zygote membelah menjadi 12 - 16 blastomer yang disebut mokula ( pada hari ke -2 dan hari ke – 3 )
c.       Pembentukan blastokist ( hari ke – 4 )
d.      Tertanamnya blastokist ( hari ke – 5 sampai hari ke – 6 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar